Pelemahan Ekonomi Bisa Bawa Indonesia Kembali Jadi Negara Berpendapatan Menengah ke Bawah

Dimatadunia.com adalah sebuah website yang membagikan sebuah fakta tentang yang ada di belahan dunia,yang selalu memberikan berita terupdate,sebuah jurnal akan membagikan sebuah cerita yang ada di dunia.sebuah jurnal tidak ada update tentang berita kebohongan dunia,tapi sebuah jurnal akan cerita tentang fakta yang ada di dunia.

Dimatadunia.comPelemahan ekonomi yang terjadi di Indonesia pada 2020 berisiko membawa Indonesia masuk ke dalam kategori negara berpendapatan kelas menengah ke bawah. Seperti diketahui, ekonomi Indonesia sepanjang 2020 tercatat minus 2 persen.

“Kontraksi ekonomi beri risiko bagi ekonomi Indonesia untuk kembali masuk ke dalam kategori lower middle income,” jelas Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Suharso Monoarfa, dalam Peresmian Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021, Selasa (4/5/2021).

Dia mengatakan, pandemi Covid-19 sejak tahun lalu berimplikasi pada kesehatan masyarakat. Tak hanya itu wabah virus asal China itu juga secara luas menganggu kinerja pembangunan baik di daerah maupun di tingkat nasional.

“Karena itu kita perlu bekerja keras, kerja cerdas dan segera melakukan penyesuaian dalam rencana pembangunan kita termasuk melakukan desain ulang terhadap strategi transformasi ekonomi Indonesia,” imnbuhnya.

Menteri Suharso menambahkan, saat ini Bappenas telah siapkan enam strategi dalam redesain transformasi ekonomi Indonesia pasca Covid-19 dengan tetap menggunakan tujuan pembangunan berkelanjutan sebagai instrumen utama. Keenam strategi ini merupakan game changer untuk menuju Indonesia maju sebelum tahun 2045

“Saat ini Bapepnas sedang menyelesaikan rencana peta jalan transformasi ekonomi Indonesia yang diharapkan selesai dalam waktu dekat,” jelasnya.