Buat yang Belum Tahu, Ini Arti Huruf dan Angka pada Tuas Persneling Mobil Matik

Dimatadunia.com adalah sebuah website yang membagikan sebuah fakta tentang yang ada di belahan dunia,yang selalu memberikan berita terupdate,sebuah jurnal akan membagikan sebuah cerita yang ada di dunia.sebuah jurnal tidak ada update tentang berita kebohongan dunia,tapi sebuah jurnal akan cerita tentang fakta yang ada di dunia.

Dimatadunia.com

Pada mobil bertransmisi manual, tuas persnelingnya terdapat angka dan huruf yang menunjukan posisi gigi transmisi. Namun pada mobil matik, terdapat beberapa huruf dan angka seperti P, R, N, D, 2, dan L.

Memiliki fungsi berbeda, berikut arti dan penjelasan dari huruf dan angka tersebut seperti dilansir Suzuki Indonesia.

P memiliki arti parking atau parkir. P biasa digunakan untuk mobil yang di parkir sehingga transmisi dalam posisi terkunci dan mobil tidak akan bergerak.

R memiliki arti reverse atau gigi mundur. Gigi ini biasanya digunakan saat pengendara hendak memundurkan kendaraan.

N adalah neutral atau netral. Dalam posisi ini, mesin dan transmisi tidak terhubung.

D adalah singkatan dari drive atau jalan. Umunya, mobil matik melaju dengan posisi transmisi D untuk berkendara maju.

Arti Huruf Lainnya

Dengan transmisi D, perpindahan gigi dari 1 sampai gigi tertinggi akan diatur secara otomatis. Pengendara hanya tinggal menginjak gas dan rem.

Angka 2 pada transmisi otomatis biasa dipakai saat engine brake di jalan menurun tajam atau panjang, serta bila berhadapan dengan tanjakan curam. Sebab, jika hanya menggunakan D, terkadang mobil terasa berat ketika menanjak.

Sedangkan L memiliki fungsi untuk menahan gigi tertinggi yakni gigi 1.

Ada juga beberapa mobil bertransmisi matik yang memiliki shift lock di sekitar tuas transmisi.

Shift lock ini memiliki fungsi untuk melepas pengunci tuas transmisi sehingga bisa dipindah ke posisi N ketika mesin mati. Shift lock bermanfaat saat parkir paralel sehingga mobil matic bisa didorong untuk menggesernya.