Ada Orang Tua Tetap Pakai Masker di Dalam Rumah, Ini Alasannya

Dimatadunia.com adalah sebuah website yang membagikan sebuah fakta tentang yang ada di belahan dunia,yang selalu memberikan berita terupdate,sebuah jurnal akan membagikan sebuah cerita yang ada di dunia.sebuah jurnal tidak ada update tentang berita kebohongan dunia,tapi sebuah jurnal akan cerita tentang fakta yang ada di dunia.

Dimatadunia.comDi rumah Anda ada orang tua atau sudah lanjut usia? Dokter spesialis penyakit dalam yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ari Fahrial Syam menyarankan agar penghuni rumah tetap memakai masker bila ada orang tua di dalam rumah.

“Hasil studi FKUI dan Dinkes DKI Jakarta pada tahun lalu dan juga sudah dipublikasikan, menemukan bahwa usia tua, sesak nafas, pneumonia dan riwayat hipertensi berhubungan dengan risiko kematian,” ujar Ari di Jakarta mengutip Antara.

Semakin orang tua, maka semakin tinggi angka kematian bila terpapar COVID-19. Maka dari itu, sebagai pencegahan yang berusia lebih muda, bila di dalam rumah tetap memakai masker saat kontak dengan orang tua.

Dalam penelitian tersebut disebutkan persentase kematian meningkat seiring dengan semakin tuanya usia pasien itu. Pasien orang tua diatas 70 tahun dengan persentase 30,11 persen, pasien umur 50 tahun hingga 69 tahun dengan persentase 14,7 persen, dan pasien 20 tahun hingga 49 tahun dengan persentase 3,38 persen.

“Melihat data riset di Jakarta ini dengan responden sebanyak 4.052 pasien COVID-19 memberikan pesan penting untuk kita semua. Kalau orang tua kita hanya tinggal saja di rumah, maka jika terinfeksi pastinya dari orang sekitar yang bolak balik masih ke luar rumah,” ujar dia.

Oleh karena itu, pihaknya menghimbau agar masyarakat tetap menggunakan masker jika ada orang tua di rumah, untuk mencegah penularan COVID-19 pada orang tua.

“Masker InsyaAllah menyelamatkan kita, orang sekitar dan orang tua kita,” kata dia.

Cara Pakai Masker yang Benar

Ilustrasi Memakai Masker Credit: pexels.com/Polina

Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, mengatakan seseorang bisa menggunakan masker yang memiliki kawat di bagian hidungnya.

Menurutnya, penting agar masker bisa menutup hidung dengan benar. Hal ini bertujuan menyesuaikan dengan bentuk hidung, dan mencegah adanya celah masuknya virus.

“Penyangga masker juga dapat digunakan, agar masker bisa dipakai dengan sempurna dan menyesuaikan dengan bentuk wajah. Gunakan penyangga masker dengan bahan yang elastis, agar tetap nyaman saat digunakan,” kata Wiku.