Strategi Pemerintah Jabar Tangani Varian Omicron Meniru Penanganan Delta

Dimatadunia adalah Berita Terkini, Berita Hari ini, Berita terlengkap, Berita terupdate, yang akan mengupdate berita-berita terbaru setiap harinya tentang Peristiwa, Bisnis, Selebritis, Tekno, Fakta Dunia, Otomotif, Kesehatan, Lifestyle, Properti, Travel dan lain-lainnya.

 

Dimatadunia – Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Nina Susana Dewi mengatakan penanganan COVID-19 varian Omicron akan meniru penanganan varian Delta.

Pasalnya menurut Nina, pengalaman penanganan gelombang dua penyakit Corona pada pertengahan tahun lalu akan menjadi rujukan.

“Mulai dari penyiapan tempat isolasi di level desa, kabupaten atau kota dan provinsi, gencar melakukan tes COVID-19 dan telusur kontak erat, sampai kesiapan obat-obatan dan Alat Pelindung Diri (APD),” ujar Nina dalam keterangannya di Bandung, ditulis Jumat, 14 Januari 2022.

Termasuk percepatan vaksinasi COVID-19. Hingga kini cakupan vaksinasi sudah 78-80 persen dari target. Hanya tersisa 20 persen lagi.

Nina menuturkan otoritasnya telah membuat strategi apabila kasus COVID-19 meningkat. Strategi pertama penguatan puskesmas bersama TNI dan Polri.

“Dan PKK akan gencar melakukan tes dan telusur sebagai upaya mendeteksi dini. Kita harus siap, termasuk testingnya. Baik menggunakan rapid test antigen atau PCR. Kita juga harus siap dengan sumber daya manusia (SDM),” kata Nina.

Penguatan Rumah Sakit

Penguatan rumah sakit secara umum dilakukan kembali seperti ketersediaan ranjang pasien COVID-19, oksigen, APD, dan obat-obat akan disiapkan semaksimal mungkin.

Ketersediaan seluruh perangkat penanganan pasien COVID-19 itu mengacu kepada data dari gelombang kedua pandemi lalu.

“Mana saja rumah sakit yang bisa meningkatkan kapasitas tempat tidurnya sampai 40 persen dari total tempat tidur. Semua sudah ada datanya dan akan kami sampaikan kembali bila ada peningkatan kasus,” ucap Nina.

Untuk kabupaten dan kota yang memerlukan APD dan obat- obatan dapat langsung mengajukan surat permintaan langsung kepada otoritasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Giliran Yamaha XSR 155 yang Pakai Livery World Grand Prix 60th Anniversary
Next post Nikita Willy Liburan Mewah di AS, Menginap di Salah Satu Hotel Termahal di Dunia