Hoaks Pemilik Tim MotoGP Meninggal Dunia, Begini Kebenarannya

Dimatadunia.com adalah sebuah website yang membagikan sebuah fakta tentang yang ada di belahan dunia,yang selalu memberikan berita terupdate,sebuah jurnal akan membagikan sebuah cerita yang ada di dunia.sebuah jurnal tidak ada update tentang berita kebohongan dunia,tapi sebuah jurnal akan cerita tentang fakta yang ada di dunia.

Dimatadunia.comAkun Facebook MotoGP Fan News mengunggah sebuah kabar yang menyebut salah satu pemilik tim MotoGP, Fausto Gresini telah meninggal dunia. Dia mengunggah klaim ini pada Selasa (23/2/2021).

Begini narasi yang menyebut pemilik tim Gresini Racing MotoGP meninggal dunia:

“Dunia motor berduka atas kematian mantan pembalap Fausto Gresini | GP One”.

Kabar tentang kematian Fausto Gresini sudah ramai di Facebook sejak Senin (22/2/2021) malam. Segelintir netizen juga membagikan artikel dari GP One, media yang membahas soal dunia balap.

Artikel itu berjudul: “MotoGP, Motorcycle world mourns the death of ex-rider Fausto Gresini”.

Namun, ketika artikel itu hendak dibuka, GP One tidak bisa menampilkan isi berita. Lalu, benarkah pemilik tim di MotoGP ini sudah meninggal dunia?

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta membuka Twitter resmi Gresini Racing. Dari akun tersebut, ditemukan kalau kabar kematian Fausto Gresini merupakan informasi hoaks.

“Meski berita itu sudah beredar, Fausto masih bersama kami. Namun, dalam kondisi yang sangat kritis,” bunyi pernyataan Gresini Racing di Twitter pada Selasa (23/2/2021).

Kemudian Cek Fakta juga menelusuri kabar ini menggunakan Google Search dengan kata kunci: ‘Fausto Gresini’. Hasil penelusuran mengarahkan ke artikel di Speedweek dengan judul: “Lorenzo Gresini: «Papa Fausto ist noch unter uns»

Dalam artikel tersebut, ada bantahan dari anak Fausto Gresini, Lorenzo soal kabar kematian sang ayah. “Kondisi ayah saya sangat serius, tapi masih ada harapan. Jam terakhir ayah belum tiba.”

“Saya ingin berterima kasih kepada semua media yang sudah menyebarkan berita prematur dan belum dikonfirmasi. Kalian benar-benar kurang kerjaan,” katanya.

Masih dalam artikel di Speedweek, Fausto Gresini terinfeksi virus covid-19 dan mendapatkan perawatan intensif. Pria yang kini sudah berusia 60 tahun itu harus dibantu ventilator dan berada dalam keadaan koma.

Kesimpulan

banner Hoax

Klaim Fausto Gresini sudah meninggal dunia merupakan informasi hoaks. Faktanya, pemilik tim MotoGP itu masih hidup, meski dalam keadaan koma akibat terinfeksi virus covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *